Skandal Presiden Korsel Seret Pewaris Samsung Jadi Tersangka

Placeholder
International

SEOUL Jaksa penuntut khusus Korea Selatan (Korsel) akan memeriksa wakil pimpinan perusahaan elektronik raksasa Samsung, Lee Jae-yong. Ia diduga terkait skandal penyalahgunaan pengaruh yang melibatkan Presiden Korsel Park Geun-hye dan teman dekatnya Choi Soon-sil.

Juru Bicara Jaksa Penuntut Khusus, Lee Kyu-chul mengatakan, pewaris grup Samsung itu akan diperiksa pada Kamis, 12 Januari atas tuduhan melakukan penyuapan. Demikian diwartakan Reuters, Rabu (11/1/2017).

Lee akan diselidiki terkait pembayaran dana sejumlah 30 miliar won (sekira Rp334 miliar) dari Samsung kepada yayasan milik Choi Soon-sil tahun lalu. Dana itu diduga berhubungan dengan keputusan badan pensiun nasional Korsel untuk mendukung rencana merger dua afiliasi grup Samsung: Cheil Industries Inc. dan Samsung C&T pada 2015 .

Kepala badan pensiun Korsel, Moon Hyung-pyo ditahan pihak berwenang tahun lalu setelah mengakui menekan badan pembiayaan untuk menyetujui merger tersebut.

Lee Jae-yong membantah semua tuduhan tersebut dalam pemeriksaan parlemen pada Desember 2015. Dia menolak pernyataan anggota dewan yang mengatakan Samsung melakukan lobi agar badan pembiayaan mendukung merger kedua perusahaan tersebut.

Samsung diketahui memiliki hubungan khusus dengan Choi dan putrinya Chung Yoo-ra yang juga telah ditahan di Denmark awal bulan ini. Perusahaan raksasa Korsel itu merupakan salah satu sponsor utama dalam karier berkuda Chung.



Warta Sejenis

memuat...

Warta Populer

Maaf tidak bisa mengambil data, ada masalah dengan server kami!